Silabus Training:

INOVASI DAN KREATIFITAS MENUJU ORGANISASI PEMBELAJARAN

 

PENDAHULUAN:

Kreativitas dan inovasi merupakan “ruh” dari pada kemampuan organisasi untuk tumbuh dan berkembang dalam menghadapi persaingan ketat. Sedemikian pentingnya kreativitas dan inovasi, sehingga muncullah jargon dari Clark (1997): “inovasi atau mati”. Kreatifitas dalam pola pikir dan implementasinya berupa inovasi wajib ditumbuhkan pada semua level bisnis, baik di BUMN, BUMD, maupun SWASTA sebagai 3 (tiga) dari 4 (empat) pilar ekonomi negara selain UKM. Kunci utamanya adalah membekali SDM dengan teknik-teknik menstimulasi pemikiran kreatif, serta memberian guidance bagi organisasi untuk mengembangkan sistem inovasi yang sistemik dan berkelanjutan menuju organisasi pembelajaran.

 

TUJUAN PELATIHAN:

1.      Menstimulasi SDM dan Organisasi tentang manfaat dan faktor yang dibutuhkan untuk menjadi Organisasi Pembelajaran

2.      Mengembangkan kemampuan peserta dalam membangun kesadaran  tentang 5 (lima) komponen organisasi pembelajaran menurut Peter Senge.

3.      Menstimulasi peserta tentang apa itu kreatifitas dan pola pikir yang dibutuhkan untuk menjadikan SDM kreatif

4.      Meningkatkan kualitas kreatifitas peserta melalui metode-metode creative booster (SCAMPER, CREATE, dll)

5.      Meningkatkan kemampuan peserta dalam menstimulasi teknik kreativitas menjadi kemampuan berinovasi

a.     Mendefinisikan dan menterjemahkan creating value dalam layanan perusahaan

b.     Mendefinisikan dan menterjemahkan differensiasi produk/ layanan dan konsep DOING INTRAPRENEURSHIP dalam proses bisnis

6.      Megembangkan kemampuan peserta untuk melakukan CHECK LIST identifikasi organisasi dan SDM dalam menuju/ menjadi perusahaan inovatif.

7.      Mengembangkan kemampuan peserta untuk mendesain INOVASI AWARD yang sesuai dengan tujuan strategis dan corporate culture perusahaan.

 

CAKUPAN MATERI PELATIHAN:

1.      Implementasi Manajemen dari 11 (Sebelas) Sistem Berpikir dari Peter Senge

2.      Mengembangkan 5 (lima) komponen organisasi pembelajaran

3.      Aplikasi Metode Creative Booster dalam praktek manajemen korporasi

4.      Mendefinisikan creating value dan differensiasi produk/ jasa dalam bisnis yang kompetitip

5.      Mendefinisikan dan mengimplementasikan spirit inovasi pada semua SDM perusahaan

6.      Mempersiapkan INNOVASI AWARD sebagai program akselerasi kreatifitas

 

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:

Semua level karyawan/ manajer dengan penyesuaian konten dan delivery system

 

INSTRUCTOR :   Ir. Arman Hakim Nasution, M.Eng PhD dan Tim

 

TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

DURASI TRAINING :    2 hari

 

WAKTU TRAINING :

1.  21 Jan 2019-22 Jan 2019

2.  11 Feb 2019-12 Feb 2019

3.  11 Mar 2019-12 Mar 2019

4.  15 Apr 2019-16 Apr 2019

5.  29 Apr 2019-30 Apr 2019

6.  26 Jun 2019-27 Jun 2019

7.  22 Jul 2019-23 Jul 2019

8.  12 Agust 2019-13 Agust 2019

9.  09 Sep 2019-10 Sep 2019

10.  21 Okt 2019-22 Okt 2019

11.  11 Nop 2019-12 Nop 2019

12.  26 Des 2019-27 Des 2019

 

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :

1.      Rp. 4.500.000/peserta (bayarpenuh)  atau

2.      Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggusebelum training)  atau

3.      Rp. 3.950.000/peserta (pesertabergroup yang terdiridari 3 pesertaataulebihdari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

1.      Training Module

2.      Flash Disk contains training material

3.      Certificate

4.      Stationeries: NoteBook and Ballpoint

5.      T-Shirt

6.      Backpack

7.      Training Photo

8.      Training room with Full AC facilities and multimedia

9.      Lunch and twice coffeebreak every day of training

10. Qualified Instructor

11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)