Silabus Training :

MEWUJUDKAN HARMONISASI ORGANISASI

 

INTRODUCTION :

Harmonis merupakan kata dasar dari harmonisasi yang menurut KBBI berarti upaya mencari keselarasan, seia sekata. Sedangkan organisasi adalah kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga dapat disimpulkan disini, harmonisasi organisasi merupakan upaya penyelarasan semua anggota dalam suatu organisasi agar tujuan didalamnya tercapai dengan maksimal. Dengan harmonisnya suatu organisasi, tidak akan ada kesalahpahaman yang fatal terjadi.

Keharmonisan ini memang tidak mudah untuk didapatkan. Karena yang namanya menyatukan berbagai jenis kepala dalam satu tubuh organisasi itu cukup menantang. Namun dengan harmonisnya hubungan anggota didalam organisasi, besar kemungkinan membuat tubuh itu kuat dari berbagai penyakit yang menerpa. Organisasi yang harmonis akan membuat nyaman semua anggotanya. Hubungan yang baik antar anggota didalam organisasi akan menjadikan kerjasama yang baik pula.

Keselarasan atau Harmonisasi merupakan sekawanan burung atau satu skuadron pesawat yang terbang dalam formasi V sempurna, atau satu tim pendayung yang bergerak dengan cepat dan penuh keyakinan sepanjang permukaan danau. Dalam konteks organisasi, “Keselarasan merupakan focus,” hal ini berarti bahwa dari atas sampai ke bawah segala sesuatu berhubungan seefektif dan seefisien mungkin sehingga mendapat hasil maksimal dengan masukan sesedikit mungkin. Ketakharmonisan, ketakselarasan seringkali merupakan fenomena tersembunyi. Ketakselarasan bias tumbuh tanpa diketahui selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, sampai muncul kejadian yang dahsyat—resesi besar, merger atau restrukturisasi, kehilangan pelanggan-pelanggan utama, atau kelompok pemangku kepentingan internal.

 

TRAINING OBJECTIVE :

Membangun  Harmonisasi atau Keselarasan dalam mengoptimalkan kinerja dan memungkinkan para pegawai/karyawan menjadi lebih sukses.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

1.      Menciptakan, membangun dan meningkatkan Keselarasan Strategi dan Sasaran. Mulai dari strategi dan sasaran organisasi serta langkah-langkahnya sampai pada perilaku karyawan, termasuk Keelarasan atau Harmonisasi lanjutan dari struktur unit yang sesuai, proses, sasaran, dan langkah-langkahnyaKeselarasan Vertikal.

2.      Keselarasan Nilai. Konsistensi perilaku dalam mendukung nilai organisasi yang telah disepakati.

3.      Keselarasan Pelanggan. Sinkronisasi proses organisasi, sumber daya, dan perilaku karyawan dengan pribadi atau tim yang saling tergantung untuk dapat memenuhi permintaan pelangganKeselarasan Horizontal.

 

INSTRUCTOR :   Awan Kostrad Diharto,SE.M.Ag (Cand. DR)

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :  3 days

 

TRAINING TIME :  

1.  28 Jan 2019-30 Jan 2019

2.  11 Feb 2019-13 Feb 2019

3.  11 Mar 2019-13 Mar 2019

4.  01 Apr 2019-03 Apr 2019

5.  13 Mei 2019-15 Mei 2019

6.  26 Jun 2019-28 Jun 2019

7.  29 Jul 2019-31 Jul 2019

8.  12 Agust 2019-14 Agust 2019

9.  09 Sep 2019-11 Sep 2019

10.  28 Okt 2019-30 Okt 2019

11.  11 Nop 2019-13 Nop 2019

12.  02 Des 2019-04 Des 2019

 

 

INVESTATION PRICE/PERSON :

            1.      Rp. 6.500.000/person (full fare)  or

            2.      Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or

            3.      Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: Notebook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)